Bangbung Hideung Blog's


I.            PEMUDA DAN SOSIALISASI
A.   INTERNALISASI BELAJAR DAN SPESIALISASI

      Masa remaja adalah masa transisi dan secara psikologis sangat problematis, masas ini memungkinkan mereka berada dalam anomi (keadaan tanpa norma atau hukum) akibat kontradiksi norma maupun orientasi mendua. Dalam keadaan demikian, seringkali muncul perilaku menyimpang atau kecenderungan melakukan pelanggaran. Kondisi ini juga memungkinkan mereka menjadi sasaran pengaruh media massa.
Anomi menurut Enoch Markum, muncul akibat keanekaragaman dan kekaburan norma. Misalnya norma A yang ditanamkan dalam keluarga sangat bertentangan dengan norma B yang ia saksikan di luar lingkungan keluarga.

Orientasi Mendua

      Orientasi yang bertumpu pada harapan orang tua, masyarakat dan bangsa yang sering bertentangan dengan keterikatan serta loyalitas terhadap peer (teman sebaya), apakah itu di lingkungan belajar (sekolah) atau diluar sekolah. Sementara itu Zulkarimen Nasution mengutip pendapat ahli komunikasi J. Kapper dalam bukunya The Effect of Mass Communication mengatakan kondisi bimbang yang dialami para remaja menyebabkan mereka melahap semua isi informasi tanpa seleksi.
Untuk mengatasi hal ini Dr. Malo mengemukakan beberapa alternatif. Jalan keluar yang diambil harus memperhitungkan peranan peer group. Program pendidikan yang melawan arus nilai peer, besar kemungkinannya tidak berhasil. Penggunaan waktu luang remaja juga diperhatikan, untuk menanggulangi masalah tersebut.
Sementara Enoch Markum hanya menawarkan dua alternatif pemecahan masalah. Pertama mengaktifkan kembali fungsi keluarga, dan kembali pada pendidikan agama karena hanya agama yang bisa memberikan yang mantap. Kedua, menegakkan hukum akan berpengaruh besar bagi remaja dalam proses pengukuhan identitas dirinya.

Peran Media Massa

      Menurut Zulkarimen Nasution, dewasa ini tersedia banyak pilihan isi informasi.
Dengan demikian, kesan semakin permisifnya masyarakat juga tercermin pada isi media yang beredar. Sementara masa remaja yang merupakan periode peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa, ditandari beberapa ciri. Pertama, keinginan memenuhi dan menyatakan identitas diri. Kedua, kemampuan melepas diri dari ketergantungan orang tua. Ketiga, kebutuhan memperoleh akseptabilitas di tengah sesama remaja.
B.   PEMUDA DAN IDENTITAS

      Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya terbebani bermacam-macam harapan, terutama dari generasi lainnya. Hal ini dapat dimengerti karena pemuda diharapkan sebagai generasi penerus, generasi yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya, generasi yang harus mengisi dan melangsungkan estafet pembangunan secara terus menerus.
      Proses sosialisasi generasi mudah adalah suatu proses yang sangat menentukan kemampuan diri pemuda untuk menselaraskan diri di tengah-tengah kehidupan masyarakatnya. Oleh karena itu pada tahapan pengembangan dan pembinaannya, melalui proses kematangan dirinya dan belajar pada berbagai media sosialisasi yang ada di masyarakat.

a.  Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda
      Pola dasar Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0323/U/1978 tanggal 28 Oktober 1978. Maksuda dari Pola Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda adalah agar semua pihak yang turut serta dan berkepentingan dalam penanganannya benar-benar menggunakan sebagai pedoman sehingga pelaksanaannya dapat terarah, menyeluruh dan terpadu serta dapat mencapai sasaran dan tujuan yang dimaksud.
Pola Dasar Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda disusun berdasarkan :
1.   Landasan idiil               : Pancasila
2.  Landasan konstitusional            : Undang-Undang Dasar 1945
3.  Landasan strategis        : Garis-garis Besar Halauan Negara
4.  Landasan historis          : Sumpah Pemuda Tahun 1928 dan Proklamas                  Kemerdekaan 17 Agustus 1945.
5.Landasan normatis          : Etika, tata nilai dan tradisi luhur yang hidup dalam masyarakat.
       Dalam hal ini Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda menyangkut dua
pengertian pokok, yaitu :
a. Generasi muda sebagai subyek pembinaan dan pengembangan
b. Generasi muda sebagai obyek pembinaan dan pengembangan
b.   Masalah dan Potensi Generasi Muda

1.  Permasalah Generasi Muda
            Berbagai permasalahan generasi muda yang muncul pada saat ini antara lain :
a.  Dirasa menurunnya jiwa idealisme, patriotisme dan nasionalisme di kalangan masyarakat   termasuk generasi muda.

b.
 Kekurangpastian yang dialami generasi muda terhadap masa depannya.

c.
  Belum seimbangnya antara jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik yang formal maupun non formal.

d.
 Kurangnya lapangan kerja / kesempatan kerja serta tingginya tingkat pengangguran / setengah pengangguran di kalangan generasi muda dan mengakibatkan berkurangnya produktivitas nasional dan memperlambat kecepatan laju perkembangan pembangunan nasional serta dapat menimbulkan berbagai problem sosial lainnya.

e.
 Kurangnya gizi yang dapat menyebabkan hambatan bagi perkembangan kecerdasan dan pertumbuhan badan di kalangan generasi muda.

f.
 Masih banyaknya perkawinan di bawah umur, terutama dikalangan masyarakat daerah  pedesaan.

g.
 Pergaulan bebas yang membahayakan sendi-sendi perkawinan dan kehidupan keluarga.

h.
 Meningkatnya kenakalan remaja termasuk penyalahgunaan narkotika.

i.
   Belum adanya peraturan perundangan yang menyangkut generasi muda.

2. Potensi-potensi Generasi Muda / Pemuda
            Potensi-potensi yang terdapat pada generasi muda perlu dikembangkan adalah :
a. Idealisme dan daya kritis
.
b. Dinamika dan kreatifitas
.
c. Keberanian mengambil resiko
.
d. Optimis dan kegairahan semangat
.
e. Sikap kemandirian dan disiplin murni
.
f. Terdidik
.
g. Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan
.
h. Patriotisme dan nasionalisme
.
i. Sikap kesatria
.
j. Kemampuan penguasaan ilmu dan teknologi
.

            Setiap individu dalam masyarakat yang berbeda mengalami proses sosialisasi yang berbeda pula, karena proses sosialisasi banyak ditentukan oleh susunan kebudayaan dan lingkungan sosial yang bersangkutan. Jadi sosialisasi dititikberatkan soal individu dalam kelompok melalui pendidikan dan perkembangannya.
Meskipun sosialisasi itu berbeda-beda dalam berbagai lembaga, kelompok maupun masyarakat, namun sasaran sosialisasi itu sendiri banyak memiliki kesamaan.
Tujuan pokok sosialisasi adalah :
1. Individu harus diberi ilmu pengetahuan (keterampilan) yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak di masyarakat
2. Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan kemampuannya
3. Pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat
4. Bertingkah laku selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada lembaga atau kelompok khususnya dan masyarakat umumnya
.
C.  Perguruan dan pendidikan
Kulitas sumber daya manusia merupakan factor yang sangat menentukan dalam proses pembangunan. Hal ini karena manusia bukan semata-mata menjadi obyek pembangunan, tetapi sekaligus juga merupakan subyek pembangunan. Sebagai subyek pembangunan maka setiap orang harus terlibat secara aktipf dalam peruses pembangunan, sebagai obyek, maka hasil pembangunan tersebut harus bias dinikmati oleh setiap orang .
Disinilah letak arti penting ya pendidikan sebagai upaya untuk terciptanya kualitas sumberdaya manusia, sebagai syarat utama dalam pembangunan .
 Dalam arti inilah, maka pembicaraan tentang generasi muda atau pemmuda khususnya yang berkesempatan mengeyam pendididkan tinggi menjadi penting  karna berbagai alas an.
1.       Sebagai kelompok mayarakat yang memeperoleh pendididkan terbaik ,mereka memiliki pengetahuan yang luas tentang mayarakatnya, karenaa adaya kesempatan untuk terlibat di dalam pemikiran, pembicaraan serta penelitian tentang berbagai masalah yang ada dalam masyarakat.
2.       Sebagai kelompok masyarakat yang paling lama di bangku sekolah, maka maha siswa mendapat proses sosialisasi terpanjang secara berencana, di bandingkan dengan generasi pemuda lain nya.
3.       Mhasiswa yng bersal dari berbagai etnis dan suku bangsa dapat menyatu dalam bentuk terjadinya alkuturasi social dan budya.
Maha siswa sebagai kelompok yang akan memasukilapisan atas dari susunan keekuasan, struktur perekonomian dan pratise di dalam mayarakat dengan sendirinya merupakan elite di kalangan generasi muda atau pemuda, umumnya memepunyai latar belakang social, ekonomi, dan pendidikan lebih baik dari keseluruhan generasi muda lainnya. 



NANA SUTRISNA
15111086

Sumber: Buku Paket………………………………………… Penulis Harwantiyoko & Neltje F. Katuk. penerbit UNIVERSITAS GUNADARMA.



Saya ucapkan terimakasih kepada penerbit dan penulis Buku Paket ISD sebagai MKDU yang di terbitkan oleh UNIVERSITAS GUNADARMA, karna dari situlah sumber tugas ini di buat karna di situ sangat lengkap.
Saya pun menyadari bahwa tugas sofskil ini masih bayak kekurangan dari itulah saya mohon ma’af.
                                                                                                                               


Categories:

Leave a Reply

Tumblr

Twitter